Sirine Mengaung Kencang, Masyarakat Berdiri Tegak

Penghormatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

WARTAKOTA.NET – Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Senin (17/8/20), sejatinya telah selesai sekitar pukul 09.30 WITA.

Namun setelah beristirahat sejenak melepas lelah di kantor, sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru beserta TNI, kembali turun ke Lapangan Dr. Murjani sekitar pukul 10.45 WITA. Bukan untuk mengikuti upacara lagi, melainkan untuk melakukan persiapan kegiatan selanjutnya, yakni penghormatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Banyak masyarakat yang ikut berdiri tegak, saat sirine tanda penghormatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dibunyikan di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru. Foto – Dm

Lalu, setelah Dishub Kota Banjarbaru dan TNI –dalam hal ini diwakili oleh Babinsa– berkoordinasi dengan mengadakan rapat kecil, mereka kemudian bergerak ke titik-titik di sekitar kawasan Lapangan Dr. Murjani untuk menghentikan semua pergerakan, aktivitas atau kegiatan masyarakat, termasuk para pengendara yang melintas di depan Balai Kota Banjarbaru.

Razia, kah? Tentu saja bukan. Mereka menghentikan masyarakat dan para pengendara, untuk diajak ikut serta dalam kegiatan penghormatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Waktu menunjukkan pukul 11.17 WITA atau pukul 10.17 WIB. Petugas pun menyalakan (membunyikan) sirine dari mobil dan kendaraan roda dua milik Patroli Dishub Kota Banjarbaru. Suara sirine mengaung-ngaung begitu kencang, seakan-akan ingin membakar semangat masyarakat yang mendengarnya.

Foto – Dm

Sirine ini dibunyikan selama kurang lebih 3 menit. Masyarakat atau para pengendara yang sebelumnya dihentikan petugas gabungan tadi, ada yang tak bergeming di kendaraannya, ada yang berdiri tegak, bahkan ikut hormat. Sungguh pemandangan yang menarik dan berbeda.

Tiga menit telah berlalu, masyarakat dipersilakan kembali untuk melanjutkan aktivitasnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Anggota Club Benelli Borneo Community (BBC). Mereka juga terlihat ikut berdiri tegak saat penghormatan detik-detik proklamasi, sembari membunyikan klakson sepeda motor masing-masing.

Dishub Kota Banjarbaru bersama TNI, Kabag Humas dan Protokol Setdako Banjarbaru, dan Anggota BBC. Foto – Dm

Salah seorang pengurus di Benelli Borneo Community (BBC), Adam mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini, mengingat jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa mereka dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Generasi muda itu harus lebih baik, lebih baik, dan lebih baik lagi agar menjadi Indonesia yang jauh lebih baik lagi ke depannya,” cetus Adam.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdako Banjarbaru, Dedy Sutoyo yang juga ikut serta dalam kegiatan ini menyampaikan ribuan terima kasihnya kepada masyarakat Kota Banjarbaru, yang telah ikut serta dalam peringatan (penghormatan) detik-detik proklamasi yang dilaksanakan secara nasional.

“Kami juga mengapresiasi kinerja kawan-kawan dari Dinas Perhubungan, instansi militer kemudian juga rekan-rekan dari komunitas moge,” ucap Dedy. (tet/dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Gebrak Masker di Banjarbaru, 2.300 Masker akan Dibagikan

Diduga Beda Dukungan, Seorang Warga Dianiaya