Sekda Banjar Persilakan Desa dan Kecamatan Rayakan Tahun Baru Islam 1442 H

WARTAKOTA.NET – Dikarenakan masih mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Banjar, maka dipastikan tahun ini tidak ada perayaan Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H. Mokhamad Hilman, Selasa (18/8/20).

“Biasanya kita ada kegiatan, tapi seiring masih pandemi virus corona, untuk level kabupaten perayaan tahun baru islam kita tiadakan. Karena belum boleh adanya kegiatan yang mengumpulkan orang banyak,” ungkap Hilman.

Namun kata Hilman, untuk ditingkat desa-desa dan kecamatan dipersilakan merayakannya, dengan catatan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di kecamatan yang akan mengendalikan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Tentunya dengan berkordinasi akan mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” katanya.

Diketahui, Muharam adalah bulan pertama di kalender Hijriyah yang merupakan bulan bersejarah yang memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam.

Berbeda dari penanggalan masehi yang berpatokan pada rotasi matahari, penanggalan hijriyah atau disebut juga penanggalan komariah berpatokan pada rotasi bulan.

Oleh karena itu, ia juga disebut perhitungan kalender lunar. Setahun dalam penanggalan hijriah ini lebih pendek 11 sampai 12 hari dari penanggalan masehi atau kalender solar. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Akhirnya Terjawab, Darmawan Jaya Gandeng PLT Walikota Banjarbaru Tahun 2015 di Pilkada 2020

Jajaran Dishub Banjarbaru Ziarah ke Makam Almarhum Nadjmi Adhani