SUKASUKA

Omzet Pengrajin Sulam Arguci Turun

WARTAKOTA.NET – Kabupaten Banjar merupakan daerah yang memilki berbagai macam kerajinan tangan, salah satunya adalah kerajinan sulam arguci yang hingga saat ini masih menjadi pilihan masyarakat sebagai mata pencaharian.

Salah satunya adalah Yuliati, warga Desa Melayu Ulu Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar yang telah menggeluti usaha sebagai pengrajin sulam arguci.

“Sudah turun temurun sebenarnya usaha ini, saya melanjutkan sudah puluhan tahun lalu,” ujarnya saat ditemui wartakota.net di kediamannya, Jumat (30/10/20).

Dikatakan Yuliati, untuk mendapatkan bahan bakunya tidaklah sulit, lantaran masih banyak penjual arguci di kawasan Kota Martapura. Meski diakuinya, saat ini harga bahan baku selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

“Untuk harga jual hasil kerajinan ini bervariasi, tergantung motifnya, dan kebanyakan motif yang dicari orang adalah motif kaligrafi, bantalan kursi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk penjualan ia memasarkannya melalui media sosial. Sampai saat ini, ia masih sering mendapat pembeli dari luar daerah bahkan dari luar pulau Kalimantan. Namun semenjak pandemi Covid-19, Yuliati mengaku mengalami penurunan omzet yang sangat signifikan.

“Saya biasanya memasarkan melalui medsos, kalau di Facebook akun saya YULI BORDIR, IG (instagram) @YULIBORDIR. Hampir 50 persen penurunan semenjak pandemi ini, biasanya kita ada saja pembeli dari Samarinda dan pulau Jawa. Untuk Martapura sendiri peminatnya sudah kurang,” katanya.

Sementara dari pemerintah Kabupaten Banjar sendiri bebernya, saat ini hanya memberikan pendampingan. Namun jika ada pelatihan sulam arguci, ia diminta untuk menjadi mentor.

“Harapan saya sih, semoga pemerintah dapat membantu menambah modal, agar saya dapat mengembangkan lagi usaha ini,” harapnya.

Selain itu, saat ditanya mengenai informasi adanya bantuan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Yuliati mengaku sudah sempat memasukan ke dinas terkait, namun belum dapat dan baru-baru ini ia kembali memasukan untuk mendapatkan bantuan tersebut. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Bagikan Kitab Suci Al-Qur’an di Pelosok Desa

Damkar Martim Galang Dana