Lahan Gambut di Landasan Ulin Subur

Lahan gambut di Landasan Ulin dinilai subur sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Foto - Tet

WARTAKOTA.NET – Kalimantan Selatan memiliki banyak lahan gambut. Tak jarang, lahan gambut ini dijadikan sebagai lahan untuk bertani.

Kendati demikian, tak semua lahan gambut bisa dijadikan sebagai lahan pertanian atau bercocok tanam. Pasalnya, lahan gambut yang ada saat ini kebanyakan lahan gambut berlapis pasir, yang juga bisa ditemui di wilayah Kota Banjarbaru.

Demikian disampaikan Prof (Riset). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, seorang Peneliti Ahli Utama di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru.

Lahan gambut di Landasan Ulin dinilai subur sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Foto – Tet

Menurut Muhammad Noor, lahan Gambut di wilayah Kota Banjarbaru yang dapat dimanfaatkan untuk tanah subur hanya ada di Kecamatan Landasan Ulin.

“Yang membuat lahan gambut di daerah Kota Banjarbaru ini tidak subur dan jarang bisa untuk dimanfaatkan, karena terdapat lapisan bawah mengandung pasir,” terangnya.

Lebih lanjut Muhammad Noor menerangkan, lahan gambut yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sering terbakar disaat musim kemarau. Maka dari itu tak disarankan untuk dijadikan lahan pertanian.

“Lahan yang sering terbakar juga tidak bisa direkomendasikan untuk petani sebagai lahan pertanian padi,” ujarnya.

Prof (Riset). Dr. Ir. Muhammad Noor (kiri). Foto – Tet

Muhammad Noor juga menyampaikan, pada tahun 2019 lalu, di Kalimantan Selatan terdapat lahan gambut seluas 46.796 hektar.

“Memang kalau gembar gembor keluar, termasuk 6 besar untuk luas lahan gambut, padahal Kalsel sudah sangat sedikit memiliki lahan gambut,” ungkapnya. (tet/dm)

What do you think?

Pedagang Rujak Buah Keliling Ditemukan Tewas Mengapung

Darmawan Jaya Jabat Posisi Walikota Banjarbaru