Walikota Bersama Wawali Banjarbaru Tinjau Laboratorium Penguji Sampel Covid-19

Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan mengenakan APD lengkap saat berada di dalam lab penguji/pemeriksa sample. Foto : Mahali - Humas Bjb

WARTAKOTA.NET – Laboratorium yang berada di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, dikunjungi Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani bersama Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan, Selasa (28/4).

Kedatangan H. Nadjmi Adhani dan H. Darmawan Jaya Setiawan ke BBTKLPP ini, untuk memberikan dukungan kepada para petugas dan memastikan proses pemeriksaan sampel pasien Covid-19 berjalan baik dan lancar.

Kedatangan Walikota Banjarbaru bersama wakilnya ini adalah untuk meninjau proses pemeriksaan sampel sekaligus memberikan suntikan semangat kepada para petugas. Foto : Mahali – Humas Bjb

Mengenakan Alat Pelindung Diri lengkap, Nadjmi – Jaya didampingi Kepala BBTKLPP Slamet Mulsiswanto, masuk ke dalam Laboratorium untuk meninjau proses unboxing serta ekstraksi sampel cairan pasien Covid-19, proses penelitian hingga hasil PCR-nya positif atau negatif sampel itu keluar.

Kepala BBTKLPP Slamet Mulsiswanto menyampaikan, sampai saat ini pihaknya telah menerima ratusan sampel pasien Covid-19 dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Slamet menambahkan, laboratorium di BBTKLPP ini memiliki 2 alat uji yang masing-masing mampu menguji hingga 32 sampel.

Nadjmi Adhani dan Darmawan Jaya Setiawan kenakan APD lengkap saat memasuki ruang uji/pemeriksaan sample. Foto : Mahali – Humas Bjb

Masih kata Slamet, jika pengujian sampel dilakukan pagi dan sore hari, maka setiap harinya pihaknya mampu melakukan pemeriksaan PCR terhadap 128 sampel.

“Satu sampel paling lama 2 hari sudah ketahuan hasilnya,” ujar slamet.

Di sisi lain, Slamet Mulsiswanto sangat mengapresiasi kehadiran Walikota dan Wakilnya ke BBTKLPP ini. Karena menurutnya, kelancaran proses penanganan pemeriksaan sampel juga memerlukan dukungan lintas sektor, termasuk Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani memastikan pihaknya terus mendukung agar proses pemeriksaan sampel ini berjalan lancar.

“Kami membantu menyediakan APD dan memfasilitasi penggunaan Incenerator milik Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru untuk memusnahkan limbah medis,” ungkap Nadjmi Adhani.

Kepala BBTKLPP mendampingi Walikota dan Wawali Banjarbaru. Foto : Mahali – Humas Bjb

Sebagaimana diketahui, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru sejak 4 April 2020 yang lalu, telah mampu melakukan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) terhadap sampel cairan saluran pencernaan dan pernafasan pasien Covid-19. (mhl/dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Di Tengah Pandemi Corona, DPRD Banjar Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna DPRD Banjar Bahas Dua Agenda Ini