Tak Hanya Padamkan Api, Damkar Martim Juga Berkiprah di Kegiatan Sosial

WARTAKOTA.NET – Semenjak berdirinya kepengurusan Pemadam Kebakaran Martapura Timur (Damkar Martim), banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh para anggotanya.

Selain ikut andil dalam melakukan pemadaman kebakaran, Damkar Martim juga turut serta dalam kegiatan sosial lainnya, seperti penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah serta kegiatan sosial lainnya.

Terbentuknya Damkar Martim sendiri bermula dari ide sekumpulan para relawan atau rekanan BPK dalam rangka silaturahmi antar rekanan se Kecamatan Martapura Timur. Dalam silaturahmi tersebut, tercetuslah untuk mendirikan Damkar Martim.

“Awalnya mengadakan latihan bersama antar unit BPK sekecamatan Martapura timur di tepian sungai martapura. Kala itu ada beberapa unit BPK yang ikut latihan bersama tersebut, namun lama kelamaan makin bertambah unit BPK nya yang mengikuti latihan bersama tersebut,” ujar koordinator Damkar Martim, Syarif.

Setelah berdirinya Persatuan Damkar Martim 16 Bulan April Tahun 2019 lanjut Syarif, semakin memudahkan untuk mengkoordinir unit-unit pemadam yang ada diwilayah Martapura Timur.

Bahkan kata Syarif, dalam hal melakukan kegiatan sosial seperti dalam rangka meringankan beban korban yang terkena musibah kebakaran, baik itu yang terjadi kebakaran di wilayah Martapura Timur khususnya dan Kabupaten Banjar umumnya, serta wilayah Kalimantan Selatan.

“Damkar Martim juga ikut andil dalam pengumpulan dana untuk meringankan beban korban kebakaran tersebut,” ucapnya.

Dana tersebut terang Syarif, didapatkan dengan cara mengumpulan sumbangan antar anggota serta melakukan penggalangan dana di jalan raya.

“Damkar Martim dalam hal ini juga telah memberikan bantuan terhadap korban kebakaran, diantaranya kebakaran yang terjadi di Kotabaru, Pulau Sebuku, di Banjarmasin, Amuntai serta di wilayah Kabupaten Banjar,” sebutnya.

Saat ini Damkar Martim juga berperan aktif dalam hal penanggulangan bencana yang saat ini melanda dunia termasuk Indonesia, seperti penanganan wabah virus corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke desa-desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Martapura Timur khususnya, serta Kabupaten Banjar pada umumnya.

“Anggota Damkar Martim saat ini berjumlah kurang lebih 27 unit BPK swasta,” pungkasnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Bantuan Paket Sembako Telah Disalurkan ke Kwartir Ranting

Pengrajin Fukaha Sepi Pesanan