Pjs Wali Kota Bersihkan Sungai

Dandim 1006 Martapura Ingin Buktikan Laporan

WARTAKOTA.NET – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) bekerja sama dengan Kodim/1006 Martapura beserta masyarakat setempat, mengadakan kegiatan bersih-bersih aliran Sungai Rimba yang berada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Selasa (17/11/20).

Kegiatan bersih-bersih ini diikuti langsung Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E. Rondonuwu, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, serta Kepala Dinas LH Kota Banjarbaru Sirajoni dan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarbaru.

Tak hanya menyaksikan, mereka juga ikut turun langsung ke sungai membaur bersama masyarakat membersihkan aliran Sungai Rimba.

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E. Rondonuwu menyampaikan, kegiatan bersih-bersih ini diadakan sebagai bentuk aksi nyata dan edukasi kepada masyarakat agar selalu membuang sampah pada tempatnya, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai.

Aliran Sungai Kemuning juga turut dibersihkan. Foto – Istimewa

“Kalau kita peduli dengan membuang sampah pada tempatnya, aliran sungai ini akan selalu bersih. Apalah gunanya setiap waktu dan setiap saat kita membersihkan, kalau masyarakat masih setiap hari membuang sampah tidak pada tempatnya,” kata Bernhard.

Di tempat yang sama, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, terjadinya luapan air yang menggenangi sejumlah ruas jalan di Banjarbaru bukan salah cuaca, namun karena kurangnya kepedulian dan perhatian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

“Makanya kita turun bukan untuk apa-apa, kita ingin menunjukkan kepada masyarakat inilah akibat yang bertahun-tahun kita membuang sampah dan akibatnya tersumbat. Kalau sudah tersumbat pasti air akan mencari jalan lain untuk mengalir,” ungkap Siswo.

Di sisi lain, Siswo pun meyakini bahwa terjadi penumpukan sampah di bawah (kolong) jembatan yang melintang di atas Sungai Sumba. Oleh karena itu, ia bersama masyarakat dan sejumlah pejabat terkait lainnya turun ke lapangan untuk membuktikan langsung hal tersebut.

“Ternyata benar (ada tumpukan sampah), jadi saya harus turun. Kalau saya hanya mendapat laporan dari anggota tapi saya tidak bisa membuktikan apa yang menjadi pikiran saya, ya makanya saya turun langsung,” pungkasnya. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Pjs Wali Kota Banjarbaru, Terima Kunker Satpol PP Palangka Raya

Diamankan, Rahmani Gigit Polisi