‘Perjuangan Para Pahlawan Perlu Terus Dikenang’

WARTAKOTA.NET – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarbaru H. Said Abdullah membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara, saat menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Selasa (10/11/20).

Hari pahlawan, kata Said Abdullah membacakan amanat Menteri Sosial RI, kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia, perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020, yaitu ”Pahlawanku Sepanjang Masa”.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” tutur Said Abdullah.

Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, lanjutnya, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti; kemiskinan, bencana alam, narkoba, faham-faham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” sambungnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Foto – Upik Humas Bjb

Pada kesempatan ini, Said Abdullah mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri,” katanya.

Dalam pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 ini, seluruh peserta upacara yang terdiri dari unsur Forkopimda Kota Banjarbaru, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, seluruh Staf Ahli Wali Kota, seluruh Asisten, dan seluruh Kepala SKPD Kota Banjarbaru, mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. (tim/upk)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Surat Suara Untuk Pilkada Banjar Sudah Dicetak

Serentak, Pengemudi Kendaraan Bermotor Mengheningkan Cipta di Jalan