Pemko Banjarbaru Siap Siaga Hadapi Bencana

WARTAKOTA.NET – Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H. Said Abdullah menjadi Pembina Apel Satuan Tugas dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di wilayah Kota Banjarbaru, di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Senin (9/11/20).

H. Said Abdullah menyampaikan, untuk mewujudkan Kabupaten/Kota tangguh bencana diperlukan indikator yang tepat dan melibatkan multi stakeholder, serta disesuaikan dengan resiko bencana dan karakteristik ancaman.

“Apel pada hari ini sangatlah penting untuk mengingatkan, sekaligus menyiapkan agar kita siap akan bencana yang setiap saat mengancam masyarakat dan daerah kita. Seperti kebakaran lahan dan hutan, banjir, angin kencang, dan tanah longsor,” terang Said.

Apel Kesiapsiagaan digelar di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru. Foto – Upik Humas Bjb

Selain itu, apel kesiapsiagaan bencana ini juga merupakan salah satu upaya bersama untuk menyiagakan kemampuan yang dimiliki SKPD yang terkait, agar penanganan bencana dapat dilaksanakan secara terencana, terkoordinasi, dan terpadu sehingga penanganan bencana di daerah Kota Banjarbaru dapat dikerjakan secara cepat, tepat dan menyeluruh.

“Kita pun patut besyukur, karena daerah kita tidak masuk dalam peta rawan bencana gempa dan erupsi gunung api,” ucapnya.

Pihak Polres Banjarbaru menunjukkan titik-titik kawasan rawan bencana. Foto – Upik Humas Bjb

Namun ungkap Said Abdullah, bencana dan musibah seperti bencana banjir di 5 kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru awal tahun ini pun sudah cukup merepotkan. Bencana banjir ini mengakibatkan sarana pendidikan dan permukiman terendam air.

“Ini sangat memerlukan perhatian kita bersama. Oleh karena itu, dirasa perlu kembali menyiap-siagakan seluruh perangkat pemerintah dan masyarakat, sekaligus untuk mengingatkan kita semua bahwa daerah kita ini berpotensi terdampak bencana setiap musim,” ujarnya. (tim/upk)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Jasa Laundry Ini Tawarkan Garansi dan Layanan Gratis Antar Jemput Perabot

Camat Aluh-Aluh Terancam 6 Bulan Penjara