Pandemi Corona Belum Berakhir, Antusias Pendaftar Sekolah Masih Tinggi

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi.

WARTAKOTA.NET – Jelang berakhirnya masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi Armansyah memastikan bahwa tak ada sekolah di Kabupaten Banjar yang kekurangan anak didik atau bahkan tak ada pendaftar.

“Untuk PPDB SMP saat ini mendekati proses akhir, yakni daftar ulang dan semua sekolah menyatakan tak ada yang kekurangan siswa,” ujar Maidi saat ditemui di Setda Kabupaten Banjar, Rabu (24/6/20).

Sementara PPDB tingkat SD yang kini masih berjalan tambah Maidi, justru sudah ada yang meminta untuk pengumuman kelulusan lebih awal.

“Sudah ada beberapa, yang pasti SDN Jawa 2 sudah tutup juga pendaftaran dan sudah minta pengumuman kelulusan pendaftar lebih awal,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi.

Di samping itu, terkait tahun ajaran baru, Maidi menyampaikan bahwa pihaknya masih belum bisa memastikan Kabupaten Banjar bisa melaksanakan pelajaran tatap muka.

Pasalnya beber Maidi, ada empat persyaratan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Empat persyaratan itu mulai dari harus menjadi zona hijau, mendapatkan rekomendasi dari kepala daerah atau ketua gugus tugas, kesiapan sekolah, hingga surat persetujuan dari semua orang tua murid.

“Yang sulit itu persetujuan orang tua murid, karena jika pun ada yang setuju dan tidak setuju, maka proses belajar mengajar yang tidak setuju ini tetap di rumah, sedangkan yang setuju, belajarnya di sekolah,” terangnya.

Meski begitu sambung Maidi, sistem learn from home atau belajar dari rumah yang dilaksanakan dalam beberapa bulan terakhir, mendapatkan keluhan dari guru lantaran banyak anak didiknya yang mulai jenuh belajar dari rumah.

Hal tersebut membuat Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar harus menyusun kembali pembelajaran, agar belajar dari rumah masih terasa menyenangkan.

“Tanggal 27 Juni ini sekolah juga akan bagi raport, jadi setelah ini libur dan tidak ada belajar dari rumah sementara waktu,” pungkasnya. (sai)

What do you think?

TMMD Buka Jalan di Desa Bi’ih

Buku Saku Covid-19 Berbahasa Banjar Disalurkan