KPU Banjar Geser Jadwal Debat Paslon

WARTAKOTA.NET – Jika semula debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dijadwalkan pada 25 November 2020, namun hasil rapat para komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) memutuskan jadwal debat terbuka akan digeser ke tanggal 24 November 2020 pukul 22.00 WITA.

Dikatakan Komisioner KPU Banjar divisi Sosdiklih SDM dan Farmas, Abdul Muthalib Jumat (6/11/20), bergesernya jadwal debat itu lantarab di tanggal 25 November tempat dilaksanakannya debat telah dipesan orang lain, sehingga debat terbuka Paslon harus digeser.

“Sesuai PKPU 13/2020, dan dihadiri pasangan calon dan empat orang tim kampanye pasangan calon serta dua orang dari Bawaslu dan lima dari KPU,” ujarnya.

Pedoman teknis pelaksanaan debat publik mengacu pada keputusan KPU RI Nomor 487/PL.02.4-Kpt/06/KPU/X/2020. Berdasarkan keputusan tersebut, desain acara debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon dipandu moderator dengan durasi debat selama 120 menit, dengan rincian 90 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

“Debat yang nantinya akan disiarkan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Kalimantan Selatan dan channel YouTube TVRI dan KPU Kabupaten Banjar ini hanya akan dilaksanakan satu kali,” tuturnya.

Sementara untuk durasi debat publik atau debat terbuka, pria yang akrab disapa Aziz itu menuturkan, untuk lebih dari tiga paslon yaitu selama 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Iklan yang disiarkan merupakan iklan layanan masyarakat yang disiapkan KPU.

“Segmennya pada bagian awal penyampaian visi misi Paslon, kemudian menjawab pertanyaan perumus, dan terakhir tanya jawab antar Paslon,” sebut Aziz.

Sementara mengenai tema, pihak KPUD masih belum menentukan karena tema akan menyesuaikan dengan pertanyaan yang dibuat oleh tim perumus yang terdiri dari tokoh masyarakat Kabupaten Banjar, akademisi dan dokter.

“Debat wajib menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah daerah dan gugus tugas,” jelasnya.

Debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar sendiri diadakan hanya satu kali meskipun pada awalnya direncanakan digelar selama tiga kali.

Aziz berharap masyarakat dapat menonton debat terbuka agar dapat menentukan pilihan saat pencoblosan 9 Desember nanti. (Sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

BPBD Minta Masyarakat Waspada

Vonny Kunjungi IKM Binaan