Komisi II DPRD Banjar Tanggapi Layanan PDAM yang Dikeluhkan Warga

WARTAKOTA.NET – Keluhan warga Kompleks Surya Mas Gambut, Kabupaten Banjar mengenai gangguan suplai air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar, ditanggapi oleh Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, Pribadi Heru Jaya.

Heru mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil pihak PDAM Intan Banjar untuk bersama-sama mencari solusi atas layanan yang dirasa merugikan masyarakat tersebut.

“Dalam minggu ini kita akan mengadakan rapat dengar pendapat dengan PDAM, nanti kita tanyakan terkait permasalahan tersebut. Dan kita sama-sama mencarikan solusinya,” ungkap Heru, Jumat (4/9/20).

Selain itu lanjut Heru, pihaknya telah menyarankan agar ada penambahan modal sebesar Rp30 miliar dari daerah untuk PDAM Intan Banjar, agar jaringan-jaringan PDAM ini dapat mencakup wilayah yang lebih jauh, tentunya dengan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Kita sebenarnya sudah ada bicara dengan direktur, dan kata direktur wilayah itu nanti akan menjadi prioritas agar tidak ada lagi kendala atau permasalahan yang sama terjadi. Karena kita tahu, PDAM ini juga perencanaan yang terikat peraturan,” lanjutnya.

Ditanya mengenai rencana Kota Banjarbaru ingin membangun sendiri PDAM, Heru memberikan tanggapannya.

“Itu hak mereka, yang penting untuk Kabupaten Banjar, dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Kita focus untuk pelayanan masyarakat kita saja,” tuturnya.

Ditambahkan Heru, mengenai aturan yang saat ini pihak PDAM Intan Banjar belum dapat berkontribusi dalam memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena layanan mereka belum sampai 80 persen.

“Kita sempat mempertanyakan mengenai peraturan yang dimana PDAM ini belum wajib memberikan profit ke daerah, sebelum cakupan layanan mereka 80 persen,” ungkapnya.

Namun setelah pihaknya melakukan pendataan, Heru menyampaikan bahwa hampir tidak mungkin PDAM ini bisa melayani 80 persen lebih.

“Makanya nanti akan kita atur lagi, bagaimana PDAM ini di samping memberikan pelayanan tapi juga dapat berkontribusi untuk PAD Kabupaten Banjar,” tutupnya. (sai/dm)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Saidi Mansyur Kukuhkan Tim Pemenangan ‘MANIS’

Haji Martinus – Jaya Jadi Paslon Pertama Daftar di KPU