Izin Industri Rumah Tangga Tak Lagi di Dinas Kesehatan

WARTAKOTA.NET – Masyarakat Kabupaten Banjar yang hendak mengurus perizinan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), kini tidak lagi di Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Rahimayanti, Selasa (10/11/20).

Rahimayanti mengatakan, terkait tata cara atau prosedur pendaftaran atau pemenuhan IRT (Industri Rumah Tangga), syarat dan ketentuan kepengurusannya kini ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), disamakan dengan perizinan industri rumah tangga lainnya.

“Surat izin usaha mikro nanti persyaratan izin yang sudah masuk ke DPMPTSP Kabupaten Banjar, baru diteruskan ke Dinas Kesehatan untuk dibuatkan rekomendasi terkait higienis atau keamanan pangan,” ucapnya seraya menambahkan bahwa masyarakat dapat mengakses dari laman resmi Indonesia.go.id.

SPP-IRT diberikan kepada pengusaha IRTP yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki sertifikat penyuluhan keamanan pangan;
  2. Hasil pemeriksaan sarana produksi pangan produksi IRTP memenuhi syarat;
  3. Label pangan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.
    SPP-IRT ini berlaku paling lama lima tahun terhitung sejak diterbitkan dan dapat diperpanjang melalui permohonan SPP-IRT.

“Untuk mendapatkan rekomendasi tersebut, biasanya pihak kami Dinas Kesehatan akan meninjau dan berkunjung ke tempat produksi rumah tangga tersebut, kami lihat mana-mana yang bisa diperbaiki dan dilengkapi sebagaimana masukan saran dari kami, sesuai ketentuan,” jelasnya.

Setelah itu lanjut Rahimayanti, Dinas Kesehatan Akan mendaftarkan ke dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) semacam loka karya, yang mana di dalam kegiatan tersebut akan diberikan materi yang berkaitan dengan produksi Industri Rumah tangga.

Sementara ini pelayanan Izin PIRT di DPMPTSP tidak bisa dilakukan tatap muka karena adanya pandemi Covid-19. Namun untuk mendapatkan pelayanan izin tersebut, bisa dihubungi melalui kontak layanan yang tertera di-banner DPMPTSP atau papan pengumuman. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Serentak, Pengemudi Kendaraan Bermotor Mengheningkan Cipta di Jalan

Pjs Wali Kota Ajak Komunitas Motor Kerja Sama, Dishub Banjarbaru Beri Dukungan