H. Darmawan Jaya Dilaporkan Lagi, Laporan Kembali Tak Terbukti

WARTAKOTA.NET – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Kota Banjarbaru, mengeluarkan press release terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan oleh pelapor atas nama Muhammad Auliansyah dengan Nomor: 01/Reg/LP/PW/Kota/22.02/X/2020 tertanggal 22 Oktober 2020.

Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru telah melakukan penanganan dan pemeriksaan selama 5 hari kalender, dengan proses klarifikasi dan pemanggilan terhadap pihak sebanyak 12 orang saksi, serta pemeriksaan dan permintaan keterangan kepada ahli bahasa dan hukum pidana.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru memperoleh kesimpulan bahwa, Pasal 188 jo. Pasal 71 Ayat (3) UU No. 10 Tahun 2016 yang bersangkutan kepada terlapor, baik unsur subjektif maupun unsur objektif dinyatakan tidak terpenuhi, sehingga tidak dapat dinaikan ke tahap penyidikan atau dihentikannya penyelidikan, tertanggal 27 Oktober 2020.

Menanggapi press release dari Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru, Calon Wakil Wali Kota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan rasa syukurnya, karena telah menuntaskan tanggungjawabnya untuk memenuhi panggilan dalam proses klarifikasi yang berlangsung beberapa hari secara kooperatif.

“Alhamdulillah, proses klarifikasi yang telah berlangsung beberapa hari ini telah tuntas dengan dikeluarkannya press release dari Sentra Gakkumdu Kota Banjarbaru,” ungkap Darmawan Jaya.

Jaya –sapaan akrab Darmawan Jaya– menyampaikan, ia dan Haji Martinus (Calon Wali Kota Banjarbaru, pasangan Jaya di Pilwali Banjarbaru 2020) berkomitmen untuk mengikuti ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku, mulai dari proses awal sampai tahap akhir dari Pilkada Kota Banjarbaru.

“Sehingga ketika ada proses klarifikasi yang diperlukan, kami selalu bersikap kooperatif dan berharap suasana Kota Banjarbaru tetap kondusif seperti pada saat Pilkada-pilkada yang lalu,” ujar Jaya.

Di samping itu, Darmawan Jaya Setiawan juga mengapresiasi penyelenggara Pemilu, baik Bawaslu maupun KPU serta pihak lain yang sudah bekerja dengan baik, memastikan pesta demokrasi di kota yang berjuluk Kota Idaman ini tetep berjalan dengan baik dan aman.

“Jadikanlah perhelatan Pilkada ini sebagai sarana untuk semakin menumbuhkan kecintaan akan Kota Banjarbaru, dan meningkatkan kualitas berdemokrasi menjadi lebih baik dan semakin baik,” tegas Jaya. (tim)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Tingkatkan Pelayanan, Bimtek Aplikasi Perizinan Diadakan

Libur Panjang, Dishub Banjarbaru Siap Bantu Pecah Kerumunan