Denda Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Opsi Terakhir

Ilustrasi protokol kesehatan Covid-19, penggunaan masker dan menjaga jarak. Foto - Pixabay

WARTAKOTA.NET – Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perundang-Undangan Kota Banjarbaru, Faisal Ridho, meminta masyarakat Banjarbaru untuk tetap mengikuti Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19, dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

Faisal menyampaikan, dalam Pasal 5 yang tercantum dalam Perwali tersebut ada dua penekanan, yaitu terkait berkumpulnya orang banyak.

Masih kata Faisal, kabar yang beredar di masyarakat saat ini adalah jika tidak memakai masker saat berada di luar rumah, maka akan langsung dikenakan denda.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perundang-Undangan Kota Banjarbaru, Faisal Ridho. Foto – Tet

Padahal lanjutnya, pemberian sanksi itu ada urutan dan tata caranya, tergantung jenis pelanggarannya.

“Sanksi itu tidak langsung dikenakan denda, karena di situ (dalam Perwali) disebutkan ada teguran tertulis, ada sanksi fisik, sosial, dan terakhir denda,” terangnya.

Lebih jauh Faisal menerangkan, untuk pembatasan kegiatan di tempat umum atau fasilitas umum dengan jumlah lebih dari 5 (lima) orang, tidak dikenakan sanksi apapun, asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Kalau lima orang jaga jarak satu meter, pakai masker, protokol Covid dilaksanakan, tidak akan ditindak, dan itu berlaku di acara event, pernikahan atau yang lainnya,” jelasnya.

Diterbitkannya Perwali Nomor 20 Tahun 2020 ini sambung Faisal, merupakan salah satu upaya pemerintah agar masyarakat lebih mau untuk menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi kita berlakukan sanksi dari yang ringan dulu sanksi fisik terukur, sanksi sosial seperti menyapu jalan. Kalau memang sudah berapa kali ditegur tidak memenuhi protokol Kesehatan baru kita kenakan (denda),” pungkasnya. (tet)

What do you think?

LSM: Penanganan Covid-19 Belum Ada Hasil

Kecamatan Martapura Timur Salurkan Bansos Tahap Dua