Bebas Karena Asimilasi, Residivis Kembali Beraksi

WARTAKOTA.NET – Tiga warga binaan yang dulunya mendapatkan program asimilasi dari Menteri Hukum dan Hak azasi manusia (Kemenkumham), kini kembali beraksi (berulah) dan harus berurusan dengan penegak hukum, Senin (19/10/20).

Kanit Reskrim Polsek Martapura Kota, Iptu B Munthe menyampaikan, 3 pelaku tersebut kembali mengulangi hal (tindak kejahatan) yang sama, yakni kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor ) disertai dengan penganiayaan.

“Mungkin karena tidak ada pekerjaan, jadi kembali bikin ulah,” ucapnya.

Selain itu lanjut Iptu Munthe, aksi kriminal lainnya juga terjadi mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih mewabah, sehingga menyebabkan seseorang bisa melakukan aksi kejahatan dikarenakan keadaan. 

“Pada awalnya pelaku juga tidak punya niat untuk melakukannya, namun dikarenakan adanya kesempatan maka aksi tersebut mereka lakukan. Apalagi yang punya handphone sembarang menempatkannya dikendaraan roda duanya, dengan alasan mampir ke warung untuk belanja sebentar saja,” ujarnya.

Dijelaskan Iptu Munthe, aksi kriminal yang saat ini marak terjadi di wilayah Martapura adalah kasus pencurian yang mengincar rumah-rumah kosong.

“Masyarakat harus waspada, kalau menemukan ada orang yang mencurigakan agar bisa melaporkannya kepada Ketua RT atau Polsek terdekat, demi keamanan dan ketertiban bersama,” cetusnya.

Iptu Munthe juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada karena kejahatan kapan saja bisa terjadi.

“Apalagi mengingat saat ini tengah masa sulit karena wabah (Covid-19),” tutupnya. (sai)

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Pelatihan Batu Permata Ditiadakan

KNPI Kota Banjarbaru Gelar Diskusi dengan Haji Martinus – Jaya