Area Pemakaman Ditutup, Peziarah Diminta Putar Balik

WARTAKOTA.NET – Hari kedua lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah, biasanya masyarakat akan berziarah ke makam sanak saudara yang telah meninggal.

Namun pada tahun ini, bagi masyarakat yang ingin berziarah ke pemakaman umum yang ada di Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar terpaksa harus mengurungkan niatnya. Pasalnya beberapa area makam di desa tersebut ditutup oleh aparat desa dan warga setempat.

Dari pantauan wartakota.net, penjagaan ketat dilakukan aparat desa dan warga di sejumlah makam pada hari kedua lebaran.

Masyarakat yang berniat melakukan ziarah dipaksa memutar balik kendaraannya, saat hendak menuju ke sejumlah makam yang ada di Desa Tungkaran.

“Karena kita masih dimasa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jadi untuk peziarah yang datang kita minta balik dulu. Dan bisa ziarah di lain waktu,” ucap Kepala Desa Tungkaran, Salmani, Senin (25/5/20).

Salmani menambahkan, penutupan area makam tersebut mendapat tanggapan beragam dari para peziarah.

“Karena orang beda-bedakan tanggapannya. Ada yang setuju dan tidak. Namun kita tetap menjaga desa kita agar tidak ada yang terpapar corona,” ujarnya.

Meski dijaga ketat, beberapa peziarah terlihat tetap dapat memasuki area pemakaman melalui jalan kecil yang kerap disebut jalan tikus, tanpa terpantau penjagaan.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Kebakaran di Pasar Martapura, Warga Geger

Petugas Pos Pamtas dapat Layanan Kesehatan