Sempat ‘Mati Suri’, Usaha Pernak-pernik Perkawinan Ini Mulai Ramai Lagi

WARTAKOTA.NET – Selain dikenal sebagai pengrajin batu permata, masyarakat Kota Martapura juga dikenal sebagai pengrajin perlengkapan acara resepsi pernikahan dan perkawinan.

Pembuatan pakaian, aksesoris sampai pelaminan pengantin ini terletak di lantai 2 Pasar Batuah Martapura. Puluhan pengrajinnya dapat ditemui di tempat ini. Dan ternyata, Pasar Batuah Martapura ini menjadi sentra pembuatan segala macam jenis pernak-pernik pengantin.

Begitu naik dari tangga Pasar Batuah menuju lantai 2, pernak-pernik pengantin seperti bunga tiruan sudah dipajang di dekat tangga.

Bukan hanya perlengkapan untuk acara pengantin tradisional, di sentra ini juga bisa ditemui perlengkapan untuk resepsi dengan konsep modern.

Selain menjual, para pengrajin di tempat ini juga membuka jasa penyewaan pakaian pengantin hingga menjadi penata riasnya.

“Pengunjung yang datang juga tak hanya para perias pengantin ataupun pemilik wedding organizer, namun juga masyarakat umum yang ingin membeli atau menyewa gaun untuk acara nikah,” ujar salah satu pengrajin perlengkapan perkawinan, Imur.

Imur mengungkapkan, harga pernak-pernik perkawinan atau pernikahan jika langsung membelinya dari para pengrajin, tentu tidak semahal harga dari tangan atau pihak kedua.

Oleh karena itu sambung Imur, banyak pemilik wedding organizer yang memilih datang langsung ke Martapura untuk membeli gaun dari para pengrajin.

“Saat ini sudah mulai ramai kembali orang yang menyewa atau yang membeli. Karena kemarin selama pandemi Covid usaha kita ini benar-benar mati suri,” ungkapnya. (sai)

What do you think?

Hotel di Banjarbaru Ini Hadirkan Kafe Bergaya Eropa

Pasca Kebakaran di Cempaka, Pemko Banjarbaru Gerak Cepat Salurkan Bantuan