Kenari, Burung Hias dengan Kicau dan Bulu yang Indah

WARTAKOTA.NET – Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang dimiliki sebagian orang. Tak hanya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tetapi beberapa orang juga memiliki hobi memelihara burung.

Seperti Rudiyanto, Warga Desa Gunung Balai, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar yang telah memiliki puluhan jenis burung di rumahnya sebagai koleksi.

Menurutnya, memelihara burung merupakan hobinya sejak kecil. Bahkan saking cintanya terhadap burung, dirinya rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhan pangan burung.

“Ada beberapa jenis burung yang saya punya, ada murai, kenari, cucak ijo, lovebird, ciblek, prenjak dan lainnya,” ujar Rudiyanto, Jumat (29/5/20).

Koleksi burung hias Rudiyanto.

Beberapa orang memiliki hobi memelihara burung karena beberapa alasan. Ada yang tertarik karena bulunya yang indah, kemampuan kicaunya, atau bahkan jenis burung yang memiliki nilai yang fantastis. Salah satu burung yang banyak dipelihara adalah burung kenari.

“Karena burung kenari ini memiliki kicau yang bagus serta bulunya yang indah, kalau tiap pagi itu dengar kicaunya ada rasa ketenangan sendiri,” tuturnya.

Diterangkan Rudiyanto, untuk jenis burung kenari ini mampu mengeluarkan suara indah dengan nada yang berbeda-beda. Cara merawat burung kenari pun sangatlah mudah.

“Burung kenari memang dikenal sebagai jenis burung yang memiliki banyak kelebihan. Memiliki suara yang indah dengan nada dan ritme tinggi hingga rendah dan juga memiliki motif-motif bulu yang bervariasi dan berwarna-warni. Memiliki banyak daya tarik, cara merawat burung kenari nyatanya tak sulit,” terangnya.

Untuk merawat burung kenari, tambah Rudiyanto sangatlah mudah. Selain rutin memberi makan, juga harus menjaga kebersihan kandangnya.

“Untuk harga, kalau sudah bagus gitu kicau dan warnanya bisa sampai 1 jutaan lah,” pungkasnya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Kembang Barenteng, Sejarah dan Legenda yang Menyertainya

Pengedar Narkoba dan Perampas Senpi Polisi Diringkus