Bripka Ilham ‘Sulap’ Kendaraan Dinas Jadi Penyemprot Disinfektan

WARTAKOTA.NET – Berbagai upaya dilakukan jajaran Polres Banjarbaru dalam melakukan upaya – upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Banjarbaru.
Sebuah ide kreatif muncul dari personil Bhabinkamtibmas Landasan Ulin Utara, Kota Banjarbaru.

Bhabinkamtibmas itu ialah Bripka Fakhrin Ilham. Ia menyulap kendaraan roda 2 Dinas Bhabinkamtibmasnya menjadi mesin penyemprot cairan disinfektan dengan menggunakan peralatan sederhana.

Tampilan kendaraan dinas yang dimodifikasi Bripka Ilham. Foto – Istimewa

Menurut Bripka Ilham, ide ini muncul karena ada beberapa rumah warga yang tidak bisa disentuh oleh mobil-mobil besar yang menyemprotkan cairan disinfektan, sehingga ia kemudian berinisiatif untuk memodifikasi kendaraan roda 2 dinasnya agar bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Ini salah satu wujud kepedulian saya kepada warga terkait pandemi Covid-19, agar terhindar dari bahaya penyebaran virus,” tutur Ilham.

Kendaraan roda 2 tersebut didesain khusus dengan alat-alat sederhana yang mampu menghasilkan embun-embun cairan disinfektan. Dan saat ini, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Pihak Kecamatan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru menggunakan ranmor dinas Bhabinkamtibmas tersebut untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah, sekolah-sekolah,dan area-area publik di Kecamatan Landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru.

Penyemprotan disinfektan di sekolah. Foto – Istimewa

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengapresiasi langkah personil Bhabinkamtibmas tersebut ditengah situasi pandemi Covid-19. Menurutnya, dengan inisiatif dari personil tersebut dalam upaya-upaya pencegahan, bersinergi dengan Babinsa, pihak Kecamatan maupun aparat setempat, dapat lebih mudah untuk menjangkau wilayah – wilayah yang memang tidak dapat dimasuki mobil-mobil besar yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Kepedulian ini merupakan wujud nyata hadirnya Pemerintah, TNI – Polri dalam melakukan upaya – upaya pencegahan,” kata AKBP Doni Hadi.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Mau Dapatkan Layanan Gratis dari PLN? Begini Caranya

Unik, Masker Buatan Rumah Pengarang Bisa Jadi Pelengkap Fashion